Marah-marah ketika ditanya progress
Jujur aja sih, kalo ada orang ditanya, abis itu marah-marah, pertama-tama pasti kita mikir, ada sesuatu yang disembunyikannya... Terus kita akan mikir lagi, mungkin ga sih sesuatu yang disembunyikan itu merupakan sesuatu yang nggak baik? Well, gw sebenernya senewen juga sih kalo ditanyain progress tiap 1 jam sekali... Konteksnya disini paling nggak, ditanya daily progress loh... 1 hari 1 kali aja ditanya-nya...
Kalo kita sudah mulai curiga dan nggak bisa percaya sama temen 1 tim kita, mana bisa jadi tim yang solid? Dan bagaimana juga kita bisa percaya sama orang kalo orang itu penuh rahasia? Apalagi hal-hal kecil dan yang krusial yang dirahasiakannya... I mean... Loe kerja dengan 1 tim, masa tim lain nggak boleh tau loe itu sebenernya ngapain sih?
1 hal lagi, sepengalaman gw, orang kyk gini biasanya last minute man... Makanya ditanya progress bertahap dia marah2... Which is gw tetep nilai nggak bagus, karena kerja last minute, kalau sampe ada banyak isu krusial, belum tentu ada spare waktu untuk memperbaiki...
"Kalo gw udah kerja bertahap juga, tapi ternyata baru ada isu krusial di akhir2 gimana? Kan sama aja..."
At least loe sudah berusaha... Kita nggak pernah tau sih isu krusial itu kapan dan bagaimana muncul nya... Kalo udah tau bakal muncul dan masih juga muncul, itu jadi pertanyaan besar sih... Kualitas kerja loe sebenernya bagus ga? Pernyataan loe kan 'kalo muncul nya di akhir2'... Kalo ternyata bisa ke detect lebih awal dan masih banyak spare waktu? Bukannya bagus? Kalo kejadiannya seperti yang loe bilang, baru muncul di akhir, pertama manusia nggak perfect, tapi kalo sudah males berusaha di awal karena ada peluang gagal, sama aja sih loe tanya, "Ngapain naek motor pake helm, belum tentu juga kecelakaan..."
Marah-marah kalo diminta penjelasan
Namanya tim, orangnya tuh pasti lebih dari 1. Datang dari tempat yang berbeda, dengan latar belakang yang berbeda, dan cara bicara sehari-hari yang khas. Loe bisa aja kasih instruksi yang menurut loe jelas, tapi orang lain kalo belum ngerti dan berkata jujur kalo dia emang belom ngerti, kita HARUS merinci nya ulang dengan bahasa yang paling sederhana... Jangan sampe keluar kata2, "Tolol! Semua harus dijelasin apa!?" berikut semua varian-nya...
Gw analogikan seperti perintah "membuat pancake"... Loe suru orang bikin pancake, tapi nggak jelasin pancake yg leo maksud tuh kyk gimana... Ada yg mikir bikinnya pake tepung, susu, mentega, terus disirem karamel. Ada yg mikir cm pake tepung, air, sama gula doang. Ada yg taunya pancake itu beli tepung instan terus campur air dan panggang. Kan runyam kalo terus ditanya, "Pancake nya mao kyk gimana?" tapi dijawabnya, "Nggak ngerti yah kata pancake!?" Kalo jadinya salah terus juga marah2 lagi...
Bahasa itu punya keterbatasan... Orang bisa salah paham karena kata2... Dan kebanyakan orang nggak punya sixth sense untuk bisa tau apa isi pikiran kita...
Sulit dihubungi
Ini jelas... Kalo orang susah dihubungi, gimana mau kerjasama? Mau minta tolong ga bisa... Ditanya progress juga susah... Mau dikasi tugas baru nggak bisa juga... Emang bener kita nggak bisa 24 jam available untuk dihubungi... Tapi kalo selama jam kerja nggak bisa dihubungi, misscall nggak bales, sms juga nggak bales, dan nggak punya alesan yang jelas atas kesulitan di contact, mau kerja ga sih sebenernya?
Banyak alasan dan progress nol besar
Hari ini bilang saudara koma, besok bilang abis kerampokan, besoknya lagi bilang siapa nya sakit, besok lagi alesan ada 'acara keluarga', tapi ditanya acara apa nggak mao jelasin atau malah marah. Gw cm bisa bilang toleransi ada batasnya... Bahkan kalaupun alesan2 tadi itu bener... At least gw sendiri pernah denger sih, ada orang yg sakit kanker di suatu perusahaan, kerjanya kadang masuk kadang nggak, perusahaan itu akhirnya bilang, "Konsentrasi dlu aja ke pengobatan kamu... Nggak usah kerja dulu... Nanti udah sehat baru balik lagi..." Dengan kata lain, "Dipecat sementara"...
Terlalu banyak inisiatif
Loh? Bukannya inisiatif itu bagus?
Menurut gw, segala sesuatu yang berlebihan itu nggak pernah bagus... Terlalu banyak ngorek2 dan terlalu banyak challenge (nantangin) statement. Bisa lebih parah kalo sampe ada sifat mau menang sendiri.
Kenapa gw bilang ini trait negatif? Menurut gw, kalo sifat ini bisa dikontrol hanya muncul ketika planning meeting saja, dan tidak ada unsur mau menang sendiri atau mau pendapatnya selalu diterima, then it could be good... Tapi orang yang punya inisiatif berlebih, biasanya suka memperdebatkan hal2 kecil. Meeting yang mulanya hanya direncanakan 1 jam, jadi nggak selesai2 3 jam. Belum ditambah orangnya berusaha terus supaya pendapatnya diterima, dan nggak bisa menghargai otoritas atasan. Sah2 aja mempertahankan pendapat. Tapi pada akhirnya, antara mayoritas, atau otoritas akan berbicara. Dan menurut gw, siapapun dalam tim, harus menghormati keputusan mayoritas atau otoritas.
Tambahan lagi, orang begini, biasanya nanti pada saat eksekusi, karena emang "inisiatif" nya kelebihan, dia bakal kerjain yang nggak2... Bukannya kerjain kerjaan pokoknya, dia bisa mulai ngorek2 ini-itu, dan tiap ketemu 'sesuatu', malah itu yang diurusin duluan. Akhirnya kerjaan pokoknya nggak pernah selesai...
Inisiatif itu bagus, tapi harus dibatasi dengan fokus pada 1 hal, dan menghormati keputusan atasan atau mayoritas...
No comments:
Post a Comment