Wednesday, January 26, 2011

Jangan Menilai Satu Untuk Semua

Entah sudah berapa hari sejak gw denger soal seorang anak cowok yang diputusin pacarnya. Alasannya cukup simpel, orangtua si cewek ga setuju. Kata si cewek, orangtuanya ga setuju dia pacaran sama cowok itu gara-gara bapak si cowok itu terkenal playboy. Dalam hati gw berpikir, apa hubungannya coba? Kenapa orangtuanya yg bermasalah, koQ anaknya yg kena?

Kenyataannya inilah sifat sebagian besar orang yang asal menilai satu untuk semuanya. Gara-gara sifat seperti ini dipelihara dari generasi ke generasi, Muncullah gap-gap dalam masyarakat sehari-hari, baik disadari maupun tidak. Coba Anda bayangkan, berapa banyak stigma yang melekat pada orang dari golongan tertentu? Misalnya Mr. X ditipu orang dari suku A, sebagian besar orang dari golongan X pasti muncul pikiran, “semua orang dari suku A penipu!” Apakah demikian adanya? Coba ganti kata ‘suku’ dengan ‘ras’, dan ‘agama’. Berapa banyak statement yang sudah dihasilkan?

Tidak bisa dipungkiri, kadang orang memang senang bergaul dengan golongan yang memiliki akar persamaannya dengannya, tetapi jangan sampai hal ini lantas menjadikan kita tidak bisa menyatu sama sekali hanya karena ego yang mengedepankan perbedaan.

Satu pohon saja bisa menghasilkan buah yang asam dan manis, apalagi manusia yang lebih kompleks dari pohon? Setiap orang unik, tidak ada yang sama persis. Anak kembar saja bisa berbeda 180 derajad. Dengan mengetahui fakta ini, hendaklah kita menilai seseorang sebagaimana orang itu adanya, bukan karena label-label yang melekat dalam dirinya, seperti SARA itu... Jika kita melihat orang itu baik adanya, perlukah kita menjauhinya hanya karena saudaranya mantan napi? Mungkinkah kita menilai kebaikan seseorang dari agama yang dianutnya? Apakah suku orang itu menentukan kepribadiannya 100%?

Cobalah kita membuka hati dan kebijaksanaan kita. Mulailah hilangkan kebiasaan mengeneralisasi segala sesuatu, dan pandanglah ke dalam mata orang secara pribadi. Ketulusan dapat dirasakan di hati, bukan lewat label SARA!

2 comments:

Anonymous said...

Like this.. ^^

Barry said...

Thx! Lain kali tinggalkan nama yah... ^^