Wednesday, February 3, 2010

Orang Waras di Tengah Orang Gila

Seorang pertapa mendapat wahyu bahwa seluruh air akan dicemari wabah yang membuat orang yang meminumnya jadi gila. Ketika ia memberitahu semua orang perihal hal ini, tidak ada yang mau percaya. Karena pertapa ini masih ingin melanjutkan pertapaannya dan mencari jati diri, maka ia mengumpulkan air bersih sebanyak-banyaknya sebelum semua air itu tercemar. Ia mengumpulkan cukup banyak air untuk sepanjang hidupnya.

Ketika air diluar sana benar2 tercemar, seluruh orang di dunia jadi benar2 gila, dan masing2 menganggap dirinya yang paling benar. Satu2nya orang yang waras hanyalah pertapa ini. Tidak ada yang mau mendengarkannya bicara, tidak ada yang mau menemaninya, dan bahkan ia dianggap gila oleh orang2 yang benar2 gila itu. Awalnya ia tidak mau peduli dan terus melanjutkan pertapaannya yang sunyi, tapi lama2 ia jadi kesepian, sementara orang2 gila diluar sana menyanyi, menari, dan tertawa-tawa.

Lama2 dia jadi berpikir, "Buat apa aku tetap waras namun kesepian disini? Lebih baik aku bergabung dengan mereka saja..." Dan... ia meminum air tercemar itu, menjadi gila, dan bergabung dengan mereka semua...

Bagaimana dengan kita? Sanggupkan kita menjadi orang waras di tengah kegilaan ini?

No comments: