Wednesday, January 27, 2010

Mengajar Lewat Perbuatan

Sang Guru sering sekali menceritakan kehidupan sehari-harinya saat sedang memberi wejangan, dan sangat jarang mengutip kata2 orang lain. Hal inilah yang kemudian dipertanyakan banyak orang, kenapa ia jarang mengutip?

"Nak, menurutmu, apakah mungkin seorang yang belum pernah berenang bisa mengajarkan cara berenang yang baik sekalipun ia pernah diberitahu caranya?"

"Tidak Guru, karena diperlukan praktik yang menyusul teori terlebih dahulu. Mengapa demikian? karena kondisi mental setiap orang berbeda-beda, sehingga kata2 yang sama, bisa ditasirkan dengan cara berbeda pula pada setiap orang. Dalam beberapa kondisi, bahkan jika salah menafsirkan instruksi bisa berakibat fatal. Hanya lewat praktik seseorang dapat menyatukan persepsi dan mengetahui makna sebenarnya dari suatu instruksi..."

"Karena itu, akupun hanya mengajarkan apa yang aku lakukan sendiri, agar aku dapat menjawab setiap kebingungan orang yang mendengar instruksiku dengan baik. Hanya orang yang pernah melewati suatu jalan yang bisa menuntun orang lain ke jalan itu..."

No comments: