Saturday, January 23, 2010

Agama dan Komunis

Dulu ada seorang tokoh atheist yang semasa hidupnya banyak berbuat sosial. Suatu ketika, ia ditanya mengapa ia menolak agama. Jawabnya : "Untuk apa kalian juga beragama jika kelakuan kalian tidak lebih baik daripada saya? Coba lihat, berapa banyak panti asuhan yang saya biayai? berapa banyak fasilitas umum yang saya bangun? dan berapa banyak orang yang saya tolong? Sementara kalian sebagai umat beragama, apa yang kalian bisa lakukan selain berperang dan menumpahkan darah demi membela keyakinan yang kalian anggap paling benar?"

Saya memposting pernyataan tokoh tersebut bukan karena saya menyetujuinya 100% loh... Tapi hendaknya kerap kali kita renungkan kata2 dari tokoh tersebut. Adakah kita sebagai umat beragama berkelakuan lebih baik darinya?

No comments: