Tuesday, March 9, 2010

Nanti Baru Bahagia... Ngga Mungkin Sekarang!

Percakapan dengan seseorang berinisial "S"

S : Kamu kalau senyum jadi lain de... Auranya jadi beda...

B : Aku juga kalo diluar lebih banyak senyum kok... Makanya kalo mau aku sering senyum, bikin aku punya mindset, kalo ketemu S itu menyenangkan... Kemaren aja aku baru dateng udah dicari-cari kesalahannya...

S : Nanti de, kalo aku tenang baru jadi baik...

B : Mau denger cerita?

***

Ada orang yang semasa remajanya cuma kenal belajar dan kerja keras. Ia tidak pernah mau 'membuang-buang' waktunya bersama teman2nya. Suatu kali ia ditanya : "Kapan kamu mau bersenang-senang?" "Nanti, kalau aku sudah bekerja dan dapat gaji besar, baru aku mau bersenang-senang..."

Ketika orang itu sudah dewasa, bekerja, dan punya gaji yang terhitung besar, ia masih saja bekerja tanpa henti. Tidak ada waktu yang boleh terbuang bersama teman2 dan keluarganya. Ia kembali ditanya, "Kapan kamu punya waktu luang untuk bersenang-senang?" "Nanti, kalau aku sudah punya rumah, mobil mewah, dan perusahaan sendiri, aku baru mau meluangkan waktuku..."

Kembali, orang itu kemudian memiliki rumah, mobil mewah, dan perusahaan pribadi. Tapi lagi2 ia masih belum memiliki waktu luang. "Kapan kamu mau bersenang-senang?" "Nanti, kalau aku sudah pensiun, baru aku mau bersenang-senang..."

Ketika orang itu sudah pensiun, ternyata ia tetap memiliki kesibukan barunya... Ia banyak menghabiskan waktunya di tempat ibadah, dan aktif dalam kepengurusan organisasinya. Untuk kesekian kalinya, ia kembali ditanya, "Kapan kamu mau bahagia?" "Nanti, kalau saya sudah mati, saya akan bahagia di surga..."

***

S : Jadi, orang itu ngga pernah bahagia selama hidupnya?

B : Orang mau berbuat apapun, ngga perlu tunggu nanti2... Kalau begitu, ngga akan ada habisnya. Kalau mau berbuat sesuatu, lakukan sekarang. Mau baik jangan tunggu tenang, mau bahagia juga bsia kapan aja...

S : Tapi terlalu banyak tekanan dalam hidup...

====================

Di lain waktu, kembali terjadi pembicaraan dengan "s"

S : Insomnianya kumat lagi nih...

B : Tau sakit, dikasih obatnya tapi nggak mau menjalankan...

S : Maksudnya apa, ngomong ngga ada juntrungan!!! Meditasi? Hipnoterapi? Loe kalo udah suka sama pengobatan jadi fanatik... Nanti, kalau pikiran gw udah tenang! Baru mau jalanin! Gituan kan musti diresapin!!!

====================

Hidup tidak pernah lepas dari tekanan. Satu2nya tempat dimana tidak ada beban adalah kuburan! Selama hidup, orang terus membawa tekanan dari hari ke hari.

Orang kaya punya tekanannya sendiri,
orang miskin punya tekanannya sendiri,

Pekerja punya bebannya sendiri,
pengguran punya bebannya sendiri,

Beban tidak pernah bisa dilepas selama hidup! Ia hanya berubah bentuk dari satu ke lainnya, tapi tidak dengan beratnya. Adakah tekanan yang dihadapi orang kaya lebih kecil dari orang miskin? Adakah tekanan yang dihadapi pekerja lebih kecil dari pengangguran? Mungkin ada yang merasa demikian, tapi pada akhirnya, permasalahan yang dihadapi oleh orang dari golongan manapun sama beratnya. Hanya kita saja yang sulit mengerti realita ini karena kita tidak mengalaminya sendiri. Buktinya menurut survey, obat yang paling laku saat ini adalah obat tidur! Inilah realita yang dihadapi oleh mereka yang tidak bisa melepas beban walau sesaat!

Dengan mengetahui bahwa tidak mungkin menghilangkan beban hidup, jadilah orang yang bahagia sekarang juga! Apakah mungkin matahari bersinar saat hujan? Mungkinkah seseorang tersenyum bahagia saat membawa-bawa beban? Tidak mudah, tapi tidak mustahil!

Bukan berapa besar masalah itu ada, tetapi berapa lama kita telah menanggungnya... Lepaskanlah masalah itu sejenak... agar kita kuat menopangnya kembali... Sejenak saja...

Semoga pengalaman nyata yang saya bagi ini boleh membawa manfaat seluas-luasnya.

2 comments:

Qing said...

Nice post, setelah membaca gw mendapatkan inspirasi untuk hidup yang lebih baik, di saat yang membingungkan.

Thanks ya,

Salam kenal


Susanti
(ssnt.tan@gmail.com)

Barry said...

Salam kenal juga...
Terima kasih buat komentarnya... ^^

Saya juga ikut senang kalau posting di blog ini bisa menginspirasi...