Wednesday, May 20, 2009

Penduduk Kota

Suatu kali ada seorang tua yang beristirahat di bawah pohon. Ketika itu, ada pengembara yang menghampiri sang orang tua. Ia menanyakan, "Kakek, aku sedang merantau dari kota lamaku dan ingin menetap di tempat baru, bisakah kakek menceritakan bagaimana penduduk di kota itu agar aku bisa mengetahui apakah kota tersebut cocok bagiku?"
"Bagaimana penduduk di kota tempatmu tinggal dahulu?"
"Mereka sangat menyebalkan, penduduknya pemarah, tukang gosip, mau tahu urusan orang lain, pokoknya benar2 tidak menyenangkan"
"Kalau begitu sayang sekali, kota inipun memiliki penduduk yang sama seperti kota tempatmu tinggal dahulu. Aku pikir tempat ini tidak cocok buatmu..."

Maka pengembara itupun pergi meninggalkan sang orang tua dan memutuskan untuk tidak tinggal di kota itu...

Kemudian, datanglah seorang pengembara lain, iapun menanyakan hal yang sama dengan pengembara pertama. "Kakek, aku sedang mencari kota baru untuk tempat tinggalku, bisakah Anda menceritakan penduduk kota itu seperti apa?"
Kakek itu menanyakan hal yang sama pula pada pengembara kedua ini, "Bagaimana penduduk di kota tempatmu tinggal dahulu?"
"Oh, tempat itu sangat indah, penduduknya ramah, saling memperhatikan dan saling menolong..."
"Aku pikir tempat ini cocok buatmu, karena penduduk di kota ini sama ramahnya dengan penduduk di kotamu dahulu"

Dengan senang hati pengembara kedua itu memutuskan untuk menetap di kota yang diceritakan sang orang tua. Orang tua itupun segera beranjak untuk meneruskan kegiatannya... Hidup terus berlanjut...

No comments: