Thursday, December 3, 2009

Percayalah...

Suatu hari ada seorang pemuda yang usahanya bangkrut. Ia merasa putus asa dan memutuskan berjalan sendirian. Setelah sekian lama, iapun merasa haus. Ia mengetuk rumah seorang tua karena ingin menumpang minum. Orang tua itu langsung mepersilahkannya masuk, menyuruhnya duduk, dan ia sendiri pergi ke dapurnya untuk menyediakan minum bagi pemuda itu. Ketika ditinggal sendirian, terbesitlah pikiran jahat di kepala sang pemuda. Ia membongkar laci lemari orang tua itu dan menemukan sejumlah uang. Ia pun segera mengantonginya. Tidak lama, orang tua itu kembali dengan membawa segelas air, kelihatannya ia tidak mengetahui tindakan pemuda itu... Sang pemuda bermaksud pergi setelah meminum air. Tetapi kemudian ia dipanggil kembali.

"Nak, bawalah sekalian jeruk ini..." Orang tua itu memberikan sejumlah jeruk pada pemuda itu. "Kakek, kenapa kakek begitu baik dan mempercayaiku, padahal kan kakek baru mengenalku? Bisa saja aku ini orang jahat..." Kakek itu hanya tertawa. "Daripada saya berprasangka buruk dan menderita karena kekhawatiran berlebihan, bukankah lebih baik kalau saya menganggap semua orang itu baik? Kalaupun ternyata mereka orang jahat, rasanya tidak begitu jelek juga..."

Merasa malu hati, pemuda itu mengembalikan uang yang tadi diambilnya dan meminta maaf. Pemuda itu kemudian pergi untuk berusaha lagi dari nol. Bukan perjalanan yang mudah memang, tapi beberapa lama kemudian, ia dikenal sebagai pedagang paling sukses, setidaknya di kotanya...

No comments: